Akibat Diabetes Melitus Bagi Kesehatan Secara Umum

Penyakit kencing manis atau dalam istilah medis disebut dengan diabetes melitus ini merupakan penyakit yang semakin banyak penderitanya dari tahun ke tahun. Hal ini bisa terjadi karena perubahan gaya hidup ke arah yang makin tidak sehat. oleh sebab itu Akibat Diabetes Melitus Bagi Kesehatan Secara Umum akan kami share disini agar anda lebih berhati – hati lagi jika mengalami diabet dan tidak ngawur dalam konsumsi makanan.

Diabetes melitus sebenarnya bisa menyerang siapa saja dari kita. Namun setiap orang memiliki risiko terkena diabetes melitus yang berbeda beda. Faktor penyebab yang paling besar saat ini adalah faktor keturunan dan obesitas atau kegemukan yang diperkirakan bisa meningkatkan risiko terkena diabetes melitus hingga dua kali lipat.

penyakit gula darah tersebut secara medis dibagi menjadi dua yaitu diabetes melitus tipe satu dan diabetes tipe dua. Tipe satu apabila si penderita memerlukan bantuan hormon insulin dari luar terus menerus dikarenakan kelenjar pankreas sudah melemah dan tidak cukup lagi memproduksi hormon insulin untuk mengontrol gula darah. Tipe dua bila si penderita masih memiliki pankreas yang memproduksi hormon insulin yang cukup namun tidak mampu memanfaatkannya dengan baik akibat kelainan metabolisme tubuh dalam proses pengaturan kadar gula darah.

Jika seseorang terkena diabetes maka akan timbul dampak dampak atau akibat bagi tubuh mereka, baik itu yang dapat dilihat oleh mata ataupun yang tidak dapat dilihat mata alias terjadi di bagian dalam tubuh. Apa apa saja dampaknya berikut ini dia.

1. Infeksi dan luka luar sulit sembuh.

Ini merupakan salah satu hal yang menyebabkan munculnya istilah diabetes basah. Jika si penderita melitus ini mengalami luka di kulit entah itu akibat tergores atau lecet sehingga menimbulkan luka terbuka, maka kecenderungannya adalah luka tersebut sulit sembuh dan akan basah terus. hal ini bisa anda lihat di beberapa penderita yang mengalami luka kaki dan sering pula amputasi adalah jalan satu-satunya pengobatan diabet tersebut, baca kenapa diabetes selalu menyerang kaki seseorang disini.

Hal ini terjadi akibat kadar gula darah yang sudah tidak terkontrol menyebabkan luka basah terus padahal luka butuh keadaan kering untuk bisa sembuh selain itu basah itu sendiri diakibatkan metabolisme tubuh yang sudah tidak normal lagi sehingga proses penyembuhan kulit menjadi terhambat.

2. Menjadi Mudah Lelah dan Capai.

Oleh karena metabolisme tubuh terganggu akibat penyakit diabetes melitus ini maka tubuh si penderita akan mengalami mudah lelah dan stamina berkurang drastis. Bahkan meskipun baru beraktivitas sebentar saja sudah letih.

3. Mudah Mengantuk

Akibat berikutnya dari mudah lelah tadi adalah tubuh si penderita diabetes melitus akan sangat mudah mengantuk. Hal ini dikarenakan stamina yang berkurang sehingga mengantuk merupakan salah satu reaksi tubuh untuk memulihkan stamina.

Penyakit Diabetes Berkembang

4. Mudah Lapar

Kelainan metabolisme tubuh penderita diabetes melitus ini akan menyebabkan tubuh lambat atau bahkan tidak memberikan sinyal sudah kenyang saat kita sehabis makan. Kelainan ini menyebabkan si penderita merasa lapar terus dan ingin makan terus.

5. Pengaruh pada kehidupan seksual penderita

Diabetes melitus juga diketahui berdampak pada kehidupan seksual para penderitanya, selengkapnya disini. Keluhan atau gangguan yang biasa dialami adalah disfungsi ereksi, ejakulasi dini, serta libido yang berkurang drastis. dari akibat yang ditimbulkan tersebut memang cukup meresahkan namun anda bisa mencegah dan mengatasi penyakit ini dengan mekukan beberapa hal yang sudah kami siratkan di artikel sebelumnya.

Dampak – dampak secara umum dari diabetes melitus ini ternyata cukup banyak dan menyentuh hampir semua lini kehidupan kita sehari hari. Oleh karena itu dengan informasi Akibat Diabetes Melitus Bagi Kesehatan Secara Umum ini kita harus pintar menjaga kesehatan kita agar risiko terkena diabetes melitus ini dapat kita tekan sampai sekecil mungkin.