Alasan Mengapa Diabetes Dapat Menyebabkan Kebutaan

tak sedikit orang menanyakan Alasan Mengapa Diabetes Dapat Menyebabkan Kebutaan padahal kalau dilihat dari riwayat keluarga dan kesehatan si penderita tidaklah mungkin. Diabetes melitus adalah penyakit yang menjadi semacam ‘pintu’ bagi penyakit penyakit lain untuk masuk ke dalam tubuh kita. Hal ini bisa terjadi karena gula darah tidak mampu dikontrol oleh tubuh para penderita gula darah ini sehingga gula berlebih tersebut menjadi racun atau toksin di dalam tubuh. Racun ini bisa menyerang berbagai organ tubuh kita dan kemudian menyebabkan apa yang kita kenal sebagai komplikasi.

Beberapa komplikasi yang sering terjadi jika diabetes melitus ini sudah mencapai tingkat parah bisa menyerang beberapa organ tubuh seperti jantung, hati atau liver, ginjal, dan lain sebagainya. Komplikasi ini menimbulkan penyakit seperti stroke, hipertensi, dan penyakit jantung, Namun yang cukup berbahaya juga adalah komplikasi yang menyebabkan penderita mengalami buta permanen.

Buta permanen? Bagaimana bisa hal ini terjadi pada penderita diabetes melitus? Menurut penjelasan dari Dr. Ari Djatikusumo dari Departemen Kesehatan Mata divisi Vitreo Retinal Surgery Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) diabetes melitus dapat menyebabkan kebutaan permanen pada mata penderita melalui suatu proses yang dinamakan retinopati diabetik atau disebut juga RD.

Alasan Mengapa Diabetes Dapat Menyebabkan Kebutaan

Retinopati diabetik ini sangat berbahaya dan tingkat keparahannya berbanding lurus dengan tingkat keparahan diabetes melitus yang diderita. Retinopati ini akan merusak pembuluh darah kecil di retina akibat dari gula darah yang tidak terkontrol, menyebabkan titik titik kecil muncul pada pembuluh darah tersebut. ingin tahu cara pengobatan retinopati diabetik ? kunjungi web kami secara rutin.

Pada tahap berikutnya adalah pembuluh darah di retina mata makin tidak lancar akibat titik titik tadi sehingga menyebabkan pembengkakan pada makula mata dimana makula ini bertugas mengatur penglihatan yang presisi atau jelas. Pada tahap ini daya penglihatan mata si penderita diabetes melitus akan mengalami penurunan.

Pada tahap akhir maka pembuluh darah kecil di retina ini akan tersumbat, menyebabkan tubuh penderita bereaksi dengan membentuk pembuluh darah baru untuk mengalirkan darah. Namun bahayanya adalah pembuluh darah ini sangat mudah rusak dan jika rusak akan menyebabkan pendarahan dan inilah yang pada akhirnya bisa menyebabkan kebutaan permanen pada penderita kencing manis. Retinopati diabetik ini dapat diatasi pada tahap awal, sehingga diperlukan deteksi dini terhadap kondisi mata si penderita diabetes ini.

Penyebab Diabetes Dapat Menyebabkan Kebutaan / retinopati diabetik

Bagaimana cara mencegah agar diabetes melitus ini tidak sampai membawa mata ke arah buta permanen?selengkapnya disini. Cara yang sangat dianjurkan adalah mengatur akar permasalahannya yaitu diabetes itu sendiri. Seperti sudah disinggung di atas gangguan penglihatan ini berbanding lurus dengan keparahan diabetes. Jadi semakin parah diabetes melitusnya akan semakin parah daya penglihatannya. Bahkan bisa sampai buta. selain itu penderita gula darah ini juga berpotensi mengalami luka yang tak kunjung sembuh terutama di bagian kaki. kenapa itu bisa terjadi? alasannya ada disini.

Mulai mengubah pola hidup si penderita adalah jalan terbaik untuk mencegah hal ini terjadi. Selalu mengontrol gula darah agar tidak tinggi dan mengkonsumsi makanan sehat dan sering berolahraga merupakan jalan terbaik yang para penderita diabetes bisa lakukan untuk saat ini.