Apa itu Penyakit Diabetes Insipidus?

Apa itu Penyakit Diabetes Insipidus? – di dunia yang fana ini tidak mungkin ada manusia yang meninginkan mengidap sebuah penyakit berbahaya, jikalaupun ada pasti dia adalah orang yang munafik. Karena jika seseorang sudah mengidap sebuah penyakit berbahaya pasti nyawa mereka akan terancam dengan kematian. Banyak sekali kasus yang telah membuktikan sebuah penyakit berbahaya dapat membunuh manusia dengan begitu ganasnya. Penyakit berbahaya tersebut salah satunya adalah diabetes.

Mungkin Anda lebih banyak mengenal penyakit diabetes melitus, namun sebenarnya jika Anda tahu, penyakit diabetes ini memiliki 3 macam, yang pertama diabetes melitus, diabetes insipidus dan diebetes insipidus nefrogenik. Akan tetapi pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mengulas lebih banyak mengenai penyakit diabetes insipidus.

Pengertian Penyakit Diabetes Insipidus

Penyakit diabetes inspidus adalah sebuah kelainan yang terjadi pada hormon antidiuretik, hormon ini sangat berperan penting dalam sistem organ manusia salah satunya adalah untuk takaran air kemih agar tetap pada keadaan normal atau standar. Akibat kekurangan hormon antidiuretik seseorang akan mengalami sebuah gejala kehausan yang sangat berlebihan, walaupun telah meminum cairan yang sangat banyak, akan tetapi rasa haus tersebut tetap muncul. Sehingga apabila seseorang itu banyak mengonsumsi air atau cairan maka urine yang akan dihasilkan akan bersifat lebih encer dari biasanya, inilah yang menyebabkan penyakit diabetes insipidus, namun penyakit diabetes ini juga dapat terjadi apabilla ginjal tidak merespon baik kepada hormon antidiuretik tersebut.

Apa itu Penyakit Diabetes Insipidus?Gajala haus yang berlebihan pada penderita penyakit diabetes insipidus tidak boleh diabaikan begitu saja, karena hal tersebut akan membuat penderita menjadi syok ataupun kekuarangan cairan (dehidrasi). Solusinya adalah memberikan sebanyak-banyaknya minum. Walaupun nantinya juga akan keluar banyak melalui kemih atau air seni. Penyakit insipidus banyak menyerang seseorang terutama untuk mereka yang kurang menjaga pola hidup sehat dengan baik (baca : Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Diabetes ), seperti merokok, minum alkohol, konsumsi makanan cepat saji, dan masih banyak lagi. kebiasaan buruk tersebut akan berdampak pada sistem hormonal dalam tubuh, salah satunya adalah terganggunya sistem hormon antidiuretik.

Walaupun kebanyakan penyakit diabetes lansia ini meyerang mereka yang berusia 30-40 tahun, akan tetapi bukan berarti usia dibawahnya tidak terserang. Remaja bahkan anak-anakpun bisa terkena penyakit insipidus. Kebanyakan mereka terserang penyakit berbahaya ini karena faktor genetik atau keturunan. Jika seorang kakek dari keturunan tersebut mangidap penyakit diabetes insipidus, bukan anak dari kakek tersebut yang akan mewarisi penyakit ini, akan tetapi cucu dari keturunan kakek tersebut 6x lebih berisiko terkena penyakit diabetes insipidus.

Selain itu penyebab lain dari penyakit diabetes insipidus adalah karena terjadi sebuah benturan otak yang sangat keras, cedera dari benturan tersebut bukan hanya akan menyebabkan penyakit diabetes insipidus akan tetapi juga mengakibatkan penyakit berbahaya lain seperti tumor, tuberkulosis, penyumbatan arteri yang menuju ke otak dan bahkan meningitis. Biasanya penanganan penyakit diabetes insipidus dilakukan dengan menggunakan obat semprot pemicu hormon antidiuretik dengan cara menyemprotkan ke bagian hidung atau dihirup, namun apabila terlalu banyak akan menimbulkan penimbunan cairan dan pembangkakan pada bagian tubuh. Sehingga untuk menggunakan obat ini harus mengikuti resep dari dokter.

Itulah sedikit informasi mengenai penyakit diabetes insipidus. Jika Anda mengalami penyakit berbahaya ini alangkah lebih baiknya untuk diperiksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan terbaik. Salam sehat.