Apa itu Penyakit Diabetes Melitus ?

Apa itu Penyakit Diabetes Melitus atau (DM) dalam bahasa Yunani berarti sebuah pancuran air atau tembus. Dan dari segi bahasa latin Diabetes Melitus merupakan sebuah artian air seni, namun di Indonesia Diabetes Melitus ini sering diartikan oleh masyarakat sebagai kencing manis. Penyakit Diabetes Melitus merupakan sebuah penyakit dimana kadar insulin dalam darah mengalami gangguan komplikasi. Karena fungsi insulin tersebut mengurangi kadar glukosa dalam darah, sehingga apabila mengalami gangguan glukosa (gula) dapat masuk kedalam darah dengan skala yang besar.

Setiap makanan yang kita konsumsi pasti mengandung bahan atau senyawa, salah salah satu senyawa yang terdapat dalam makanan tersebut adalah gula. Glukosa atau gula pada makanan akan diproses oleh tubuh melalui pankreas. Didalam pangkreas tersebut terdapat hormon yang telah kita sebutkan diatas tadi yakni hormon insulin. Hormon insulin akan berkerja dengan membuka pintu atau jalan masuk dari sebuah sel didalam tubuh kita. jalan masuk tersebut dibuka untuk memasukan glukosa atau gula agar diproses sel menjadi sebuah energi yang berguna untuk tubuh. Jika hormon insulin ini berkurang didalam pankreas, maka gula tidak dapat masuk kedalam sel, sehingga gula atau glukosa tersebut tertimbun didalam tubuh dan sebagian masuk kedalam aliran darah, inilah yang menyebabkan penyakit Diabetes Melitus.

Apa itu Penyakit Diabetes MelitusHormon insulin mengalami gangguan karena penderita banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, seperti makanan yang manis-manis. Bukan hanya itu saja, penyebab menurunya kadar insulin dalam pankreas atau tubuh juga disebabkan karena faktor keturunan atau genetik. Seseorang yang kakeknya mengalami penyakit Diabetes Melitus atau kencing manis maka orang tersebut akan mengalami nasib yang sama seperti kakeknya. Sehingga penyakit Diabetes Melitus ini sering disebut penyakit yang menurun.

Penyakit Diabetes diklaim sebagai penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat dunia, sekitar setengah persen penduduk dunia mengalami penyakit berbahaya ini, penyakit Diabetes banyak diderita oleh orang diseluruh dunia karena banyak diantara mereka yang tidak menjaga pola hidup dengan baik, seperti jarang berolahraga, makan-makanan sembarang, terlalu banyak makan manis dan masih banyak lagi. sehingga hal ini menyebabkan terjadinya gangguan pada pankreas yakni hormon insulin.

Gejala yang sering muncul pada penderita penyakit Gula Darah bermacam-macam. Mulai dari rasa pusing, mual, lidah terasa tidak enak dan masih banyak lagi (baca: Tanda Khusus Penyakit Diabetes Melitus Sudah Menyerang Anda). setiap penderita penyakit Diabetes Melitus memiliki gejala yang berbeda-beda. Dan untuk penangananya pun juga akan berbeda-beda. Biasanya penanganan pasien penyakit Diabetes Melitus ini dilakukan dengan suntik insulin. Yaitu dengan menyuntikan sebuah cairan insulin kedalam tubuh pasien, suntikan ini dilakukan secara rutin oleh ahli medis yang sudah berpengalaman.

Nah jika Anda mengalami penyakit Diabetes Melitus, akan sangat penting apabila Anda mulai saat ini juga untuk menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga secara rutin (lihat: Olahraga Dapat Menghindari dan Menurunkan Diabetes Seseorang), makan-makanan sehat rendah gula dan masih banyak lagi, hal ini bertujuan agar hormon insulin didalam tubuh Anda mengalami peningkatan, sehingga penyakit diabetes menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Namun apabila penyakit kencing manis yang Anda derita sudah sangat parah, alangkah lebih baiknya bila Anda bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat, karena penyakit Diabetes ini bukanlah penyakit main-main, namun penyakit ini adalah penyakit serius yang bisa mengancam nyawa penderita. Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian dari penyakit Diabetes. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda.