Cara Mengetahui Kita Terkena Diabetes Atau Tidak Dengan Tepat

Penyakit tinggi kadar gula dalam darah atau penyakit diabetes sangatlah ditakuti oleh manusia, karena penyakit yang satu ini sangatlah mematikan, terlebih jika penderita terkena infeksi luka maka jalan satu-satunya adalah dengan amputasi atau pemotongan organ tubuh yang terluka. tidak mau bukan kalau nanti anda cacat karena sakit tersebut, oleh karena itu, kami akan membagikan Cara Mengetahui Kita Terkena Diabetes Atau Tidak Dengan Tepat tanpa harus pergi ke dokter.

Nah sebelum Anda terjangkit penyakit berbahaya ini, akan sangat penting apabila Anda mengetahui gejala awal sakit diabetes, setelah mengetahui mungkin Anda masih bingung dengan gejala-gejala tersebut ( baca: Penyebab dan Gejala Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 ), sebenarnya ada cara lain untuk mengetahui apakah Anda sudah terkena atau belum, berikut ini saya sudah rangkum cara tersebut dalam tips cara mudah dan tepat deteksi penyakit diabetes dibawah ini.

Tips Cara Mudah dan Tepat Deteksi Penyakit Diabetes Melitus :

1. Poliuri

Cara deteksi penyakit diabetes yang pertama adalah dengan poliuri. Deteksi penyakit kencing manis ini dilakukan dengan cara melihat banyaknya urine yang Anda keluarkan setiap harinya. Jika Anda minum air akan tetapi keluarnya melebihi air yang diminum maka Anda harus mewaspadai akan hal tersebut, pengeluaran air seni atau urine yang berlebih terjadi karena ginjal tidak toleran dengan kadar gula yang terlaluy banyak dalam darah, sehingga ginjal banyak mengambil air yang berasal dari tubuh dan menyebabkan urine keluar melebihi dari air yang masuk. Jika pengembilan air ini dilakukan secara terus menerus oleh ginjal maka tubuh akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.

Cara Mengetahui Kita Terkena Diabetes Atau Tidak Dengan Tepat

2. Polidipsi

Sebenarnya trik mendeteksi penyakit diabetes dengan polidipsi merupakan lanjutan dari poliuri, karena cara polidipsi dilakukan dengan cara melihat apakah Anda mengalami kehausan secara terus menerus atau tidak, jika Anda mengalami kehausan secara berlebihan padahal sudah diberi banyak sekali minuman, maka bisa jadi Anda sudah terkena penyakit gula darah, haus ini ditimbulkan karena ginjal terlalu banyak mengambil cairan dalam tubuh untuk mengencerkan urine agar mudah disaring, sehingga setiap saat seseorang akan selalu mengalami kehausan. Jika Anda mengalami hal ini, maka jangan coba untuk melawan, karena jika Anda tidak memberikan asupan air yang banyak maka akan menimbulkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

3. Polifagi

Cara mudah deteksi penyakit diabetes yang terakhir adalah dengan polifagi. tips ini dilakukan dengan melihat apakah tubuh merasakan lemas berlebihan terlebih datang secara mendadak, lemas ini timbul karena hormon insulin yang seharusnya mengolah glukosa atau gula mengalami gangguan yakni berkurang, sehingga tubuh tidak mendapatkan asupan energi yang tercukupi dan menimbulkan rasa lemas, kantuk dan tidak bersemangat. Selain itu penglihatan mata Anda juga akan terasa kabur, hal ini terjadi karea gangguan saraf yang diakibatkan oleh terhambatnya suplai darah ke mata.

Nah itulah cara mudah mengetahui sakit kencing manis, jika Anda mengalami gejala diatas maka akan sangat penting apabila Anda segera memeriksakan diri ke dokter ataupun rumah sakit terdekat untuk melakukan tes kadar gula dalam darah, dari tes tersebut hasil yang akan didapatkan jauh lebih akurat dan tepat, selain itu Anda juga harua melakukan program diet gula, karena faktor utama yang menyebabkan penyakit kencing manis atau penyakit diabetes adalah gula, seperti Anda dapat menghindari makanan manis-manis, rokok, soda, alkohol dan masih banyak lagi, hal ini bertujuan agar kadar gula dalam darah dapat turun pada angka normal.

Demikian ulasan megenai Cara Mengetahui Kita Terkena Diabetes Atau Tidak Dengan Tepat. Semoga bermanfaat. Salam sehat.