Ciri Orang Yang Terkena Diabetes Melitus

Ciri Orang Yang Terkena Diabetes Melitus – Penyakit gula atau dalam dunia kedokteran dinamakan diabetes melitus merupakan penyakit yang berdampak serius pada penderitanya dan sangat gawat apabila sudah sampai pada tahap menimbulkan komplikasi kepada organ organ dalam penderita. penyakit gula darah ini muncul karena kelainan sistem metabolisme tubuh dalam menjaga gula darah dimana tubuh tidak mampu mengatur gula darah secara normal. Hal ini berakibat gula darah tidak stabil dan bila sudah berlebihan akan merusak tubuh si penderita karena gula tersebut menjadi racun bagi tubuh.

Diabetes melitus secara garis besar dibagi menjadi dua tipe yakni tipe satu yang harus terus menerus diberikan bantuan insulin dari luar sedangkan tipe dua adalah diabetes yang tidak perlu insulin terus menerus dikarenakan tubuh masih bisa memproduksi insulin walau dalam jumlah tidak seperti biasanya. lantas apakah penyakit tersebut bisa tuntas disembuhkan secara permanen? simak jawaban dan pembahasannya di ARTIKEL berikut.

Yang menyebabkan seseorang terkena diabetes melitus adalah gaya hidup kurang sehat seperti makanan tinggi kalori atau gula, makanan cepat saji, lalu kurang berolahraga dan kelebihan berat badan. Diabetes melitus juga bisa diturunkan secara genetik.

Ciri Orang Yang Terkena Diabetes Melitus

Lalu apa saja ciri ciri dari orang yang menderita diabetes melitus? Berikut ini beberapa ciri ciri baik yang bisa dilihat mata maupun yang tidak.

1. Haus terus.

Ciri pertama penderita gula tersebut adalah ingin minum terus karena merasa haus. Hal ini sebagai reaksi tubuh untuk memenuhi kekurangan cairan tubuh karena sebagian besar dipakai untuk membuang glukosa atau gula berlebih melalui urin.

2. Sering buang air kecil

Penderita diabetes tipe satu juga memiliki ciri ciri sering buang air kecil, terutama pada malam hari. Hal ini dikarenakan tubuh membuang gula darah berlebih melalui urin terus menerus sehingga mengakibatkan penderita kencing terus menerus dan biasanya urin mengandung gula akan didatangi semut sehingga muncul istilah kencing manis.

3. Berat Badan Menurun

Ciri ciri ini akan semakin tampak seiring dengan tingkat parahnya diabetes melitus yang diderita. Makin parah diabetesnya maka tubuh akan semakin melemah akibat racun gula dalam tubuh. Hal ini berakibat secara fisiki si penderita akan kurus dan berat badannya akan terus menurun. bagi yang memiliki buah hati, juga perlu mewaspadai ciri tersebut dan untuk lebih jelas serta terperincinya anda bisa melihat perinciannya disini.

4. Mudah Lapar

Salah satu ciri lainnya adalah si penderita diabetes melitus ini cenderung mudah lapar. Hal ini karena metabolisme tubuh yang sudah tidak normal lagi sehingga tubuh lambat dalam memberi sinyal rasa kenyang. Hal ini terjadi bahkan setelah si penderita diabetes sudah makan besar.

5. Gangguan Penglihatan

Ciri lainnya adalah gangguan pada pneglihatan para penderita sakit ini. Hal ini karena gula berlebih pada tubuh menyerang setiap area tubuh termasuk mata. Saraf mata menjadi terganggu akibat diabetes dan menimbulkan gangguan semacam glukoma.

Demikian beberapa ciri ciri bila kita terkena diabetes melitus. Bila Anda mendapati salah satu atau beberapa ciri di atas terjadi pada diri Anda maka sudah harus waspada dan memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah Anda terkena diabetes atau tidak.