Faktor Penyebab Diabetes Pada Anak Kecil

Faktor Penyebab Diabetes Pada Anak Kecil - Diabetes melitus atau kencing manis sudah kita ketahui bersama dapat menimpa siapa saja tidak perduli usia dan jenis kelamin. Dan hal ini akan semakin menyedihkan apabila buah hati kita ternyata sudah terkena sejenis gula darah ini. Diabetes melitus adalah penyakit dimana tubuh sudah tidak mampu lagi mengontrol kadar gula darah akibat tidak mampu memanfaatkan hormon insulin secara maksimal. Hal ini terjadi akibat adanya resistensi tubuh terhadap hormon insulin itu sendiri.

Diabetes pada anak juga tetap sama dibagi menjadi dua tipe yakni tipe pertama dan tipe kedua. Diabetes melitus tipe satu adalah kondisi dimana tubuh si penderita kekurangan hormon insulin sehingga membutuhkan bantuan insulin dari luar terus menerus. Mengapa hal ini bisa terjadi karena kelenjar pankreas dalam tubuh kurang memproduksi atau bila kasusnya parah sama sekali tidak memproduksi hormon insulin. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor tentunya.

Diabetes melitus tipe dua adalah kondisi tubuh ketika kelenjar pankreasnya penderita masih berfungsi normal namun tubuh si penderita resisten terhadap hormon insulin yang diproduksi sehingga sulit mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dalam hal ini penderita diabetes melitus tipe dua biasanya tidak butuh bantuan insulin dari luar.

Faktor Penyebab Diabetes Pada Anak KecilNah jika anak kecil menderita diabetes melitus bisa disebabkan berbagai macam faktor. dan untuk menyembuhkannya, anda harus mengerti dan membaca kumpulan obat diabetes herbal yang dibagikan semua orang. Diantara faktor penyebabnya adalah sebagai berikut ini :

1. Obesitas

Masalah pada anak usia dini yang sering ditemui adalah obesitas atau kegemukan. Mungkin kita sebagai orang tua tentu ingin anak kita tumbuh besar dan sehat, sehingga memperbolehkan berbagai macam makanan masuk ke tubuh anak kita. Dan hal ini tidak sepenuhnya salah atau sepenuhnya benar. Kita tetap harus memperhatikan anak kita apabila terjadi obesitas, maka kegemukan ini bisa menjadi pintu masuk diabetes ke anak. Oleh karena itu penuhi asupan nutrisinya secara seimbang bukan segala makanan diizinkan begitu saja.

2. Infeksi pada Kelenjar Pankreas

Anak – anak memiliki kekebalan tubuh yang tidak sekuat orang dewasa. Pada tahap ini anak kecil masih rentan terhadap serangan kuman, bakteri, dan virus. Nah jika serangan ini terkena pada kelenjar pankreas anak yang mana berfungsi memproduksi hormon insulin, maka si anak bisa terkena diabetes melitus oleh karena pankreasnya terinfeksi dan menurun fungsinya. Untuk mencegah hal ini terjadi tetap terapkan pola makan sehat dan jaga kebersihan sang anak agar tidak mudah terpapar kuman, bakteri, dan virus yang tidak dapat dilihat mata.

3. Makanan tidak sehat

Makan makanan tidak sehat menjadi pintu masuk bagi diabetes melitus. Celakanya adalah makanan makanan jenis ini sangat digemari oleh buah hati kita. Makanan tinggi kalori seperti burger dan makanan cepat saji, makanan tinggi gula seperti es krim dan cokelat. segala jenis makanan tersebut selain berdampak buruk dan tidak sehat dapat juga memicu obesitas bagi anak kita. jadi alangkah baiknya jika anda mengkonsumsi makanan sehat pencegah gula darah yang mampu menurunkan dan menetralisir diabetes jika keluarga anda memiliki riwayat terkena penyakit tersebut

pencegahan dan penanggulangan diabetes pada anak kecil sangat berbeda dengan para lansia. untuk pencegahan penyakit yang menyerang pada lansia dapat anda kunjungi link ini. sementara itu, untuk mencegah dan mengobati diabetes pada anak anda harus segera melakukan tindakan – tindakan seperti disini. silakan baca sampai akhir artikel kesehatan yang sudah kami sediakan bagi putra dan putri anda agar bisa terhindar segala bentuk penyakit terutama kencing manis.

Tentu kita sebagai orang tua tidak mau melihat buah hati kesayangan kita terkena diabetes melitus di usia mereka yang masih muda. Peranan kita sangat penting dalam menjaga anak kita dari bahaya diabetes yang mengintai dengan cara menjaga pola makan mereka dan penting juga mengajarkan pada mereka pentingnya berolahraga secara rutin setiap hari. Semoga dengan informasi Faktor Penyebab Diabetes Pada Anak Kecil di atas kita menjadi lebih teliti dan cermat dalam menjaga anak kita.