Faktor Penyebab Terkena Kencing Manis

Faktor Penyebab Terkena Kencing Manis selain penyakit jantung, penyakit diabetes juga menempati posisi pertama sebagai penyakit yang paling banyak diderita oleh manusia di seluruh dunia. Semakin hari pederita penyakit diabetes semakin menunjukan angka miris, bahkan di Indonesia sendiri penderita diabetes menjadi yang paling banyak nomor 1 di seluruh Asia, sedangkan Indonesia masuk kedalam peringkat 3 besar sebagai negara penderita diabetes terbanyak untuk seluruh dunia.

Sampai sekarang belum ada obat pasti yang bisa menyembuhkan penyakit gula darah ini, kita hanya bisa mencegah dan mengontrol saja. sakit gula darah ini terjadi bukan hanya kepada orang tua saja, melainkan bisa terjadi diberbagai lapisan usia mulai remaja bahkan hingga bayi. Nah agar Anda tidak terkena penyakit diabetes ini maka mulai dari sekarang Anda harus bisa mengenali penyebab seseorang terkena penyakit kencing manis berikut ini.

Faktor-faktor Penyebab Penyakit Diabetes

1. Berat Badan Berlebih (Obesitas), Sebesar 85 % penderita penyakit diabates datang dari kalangan seseorang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, hal tersebut memang benar, karena kadar kolesterol berlebih di dalam tubuh dapat berubah menjadi sebuah kolesterol jahat dan merusak sel pankreas yang memproduksi insulin, sehingga seseorang mangalami penyakit kencing manis.

Menurut penelitian seseorang yang berhasil mengurangi berat badan mereka sebesar satu kilo, maka secara otomatis dia akan terhindar dari penyakit kencing manis ini. olahraga secara teratur dapat membuat berat badan kita menjadi ideal, dengan begitu resiko terkena penyakit gula darah lebih kecil, terutama untuk diabetes melitus tipe 2.

2. Makanan Banyak mengandung Gula dan Lemak, Salah satu faktor utama yang menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes adalah karena mereka banyak mengonsumsi makanan yang tinggi akan gula ataupun lemak. Makanan yang tinggi akan gula dan lemak dapat memicu kenaikan berat badan lebih besar, sehingga hal ini memicu resistensi insulin dan menyebabkan resiko terkena penyakit diabetes. Makanan tinggi lemak dan gula juga dapat memicu kolesterol jahat untuk senantiasa berkumpul pada tubuh, sehingga menyebabkan yang lainya seperti tekanan darah tinggi ataupun jantung. lebih baik anda memakan buah – buahan segar (baca: 10 Buah Terbaik Untuk Konsumsi Penderita Diabetes)yang bisa membuat tubuh semakin sehat dan kuat.

3. Keturunan, Faktor penyebab diabetes juga datang dari riwayat sebuah keluarga, jika ibu atau ayah Anda mengalami sebuah penyakit diabetes tipe 2, maka kemungkinan besar, Anda memiliki tingkat resiko terkena diabetes yang lebih tinggi, selain keturunan,m terdapat faktor lain yang menyebabkan penyakit diabetes ini yaitu etnis. Etnis atau suku yang berisiko terkena penyakit kencing manis adalah etnis Asia, Asia Selatan, Aborigin, Hispanik, dan Afrika.

4. Kondisi yang tidak disengaja, Wanita yang memiliki sindrom ovarium polikistik lebih mungkin terkena penyakit diabetes dari pada wanita pada keadaan normalnya, sindrom ini menyebabkan ketidakseimbangan sistem hormonan yang berakibat tidak teraturnya sikus menstruasi.

Selain sindrom, wanita yang diketahui pernah melahirkan bayi kategori gemuk (4 kg), maka mereka memiliki peluang besar terkena penyakit diabetes yakni sebesar 7 kali dari wanita pada keadaan normal.

5. Umur 40 tahun keatas, Memang benar penyakit diabetes juga dapat menyerang seorang yang masih muda, akan tetapi kebanyakan diabetes tipe 2 dapat menyerang seorang yang sudah memasuki usia 40 tahun, maka dari itu jika Anda sudah lebih dari usia tersebut maka akan sangat penting untuk melakukan cek gula darah setiap 6 bulan sekali ke dokter.

Demikian ulasan mengenai faktor-faktor penyebab seseorang terkena penyakit kencing manis. Semoga dapat menyadarkan kita akan arti pentingnya sebuah kesehatan jasmani.