Gejala Diabetes Melitus Tipe 1

Ini Dia Gejala Diabetes Melitus Tipe 1 Yang Anda Harus Tahu sebab kali ini akan dibahas mengenai diabetes melitus, khususnya diabetes melitus tipe satu serta gejala gejalanya. Tentu kita semua sudah mengetahui sedikit mengenai penyakit satu ini. Diabetes Melitus atau yang lebih sering masyarakat kita mengenalnya dengan penyakit kencing manis atau penyakit gula adalah sebuah jenis penyakit akibat kelainan metabolisme tubuh dalam memproses gula atau glukosa dalam darah, Tubuh mengalami resistensi dalam memanfaatkan hormon insulin yang dihasilkan kelenjar pankreas sehingga tidak bisa mengatur kadar gula dalam darah dengan optimal. Hal ini akan menyebabkan berbagai gejala dan sakit di tubuh penderita.

Diabetes melitus dibagi menjadi dua tipe secara umum yakni diabetes melitus tipe satu dan diabetes melitus tipe dua. Namun pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai diabetes melitus tipe satu yang sebelumnya juga kami kasih beberapa penyebabnya di artikel ini.

Diabetes yang bagaimana yang digolongkan sebagai diabetes melitus tipe satu? Seseorang bisa dikatakan mengidap penyakit diabetes melitus tipe satu apabila tubuhnya memproduksi sedikit sekali atau bahkan tidak ada hormon insulin sama sekali dari kelenjar pankreasnya sehingga harus terus menerus dibantu hormon insulin dari luar melalui terapi insulin dan berbagai obat diabetes lain yang menyertainya, Ini merupakan kondisi gawat dimana pasien harus selalu menjaga kadar gula dalam darahnya tetap stabil, tidak terlalu rendah atau tidak terlalu tinggi karena dapat berakibat fatal bagi nyawa si pasien.

Gejala Diabetes Melitus Tipe 1

Lalu gejala gejala atau tanda tanda yang bagaimana yang dialami oleh penderita diabetes melitus terutama diabetes melitus tipe 1? Berikut ini beberapa gejalanya.

1. Sering buang air kecil terutama di malam hari (Juga dialami oleh penderita diabetes melitus tipe dua), ciri kencing manis tipe 2 ini ada di halaman ini.

Anda patut waspada jika sering buang air kecil terutama di malam hari. Kenapa hal ini bisa terjadi karena tubuh Anda mengalami kelebihan air yang tadinya digunakan untuk menetralkan kadar gula darah tubuh si pasien. Akibatnya pembuangan urin menjadi meningkat dan yang terjadi bisa ditebak, Anda sering buang air kecil.

2. Sering mengalami haus (Juga dialami penderita diabetes melitus tipe dua)

Pada pasien diabetes melitus tipe satu juga mengalami haus terus menerus. Hal ini berkenaan dengan tubuh yang memerlukan banyak air untuk menetralkan gula darah dan membuang gula tersebut melalui urin, sehingga tubuh bereaksi dengan haus terus menerus.

3. Perasaan lelah terus menerus ( Juga dialami penderita diabetes melitus tipe dua)

Lelah terus menerus oleh penderita diabetes melitus tipe satu ini diakibatkan proses metabolisme tubuh yang sudah tidak normal, khususnya dalam proses gula darah dalam tubuh. Gula berlebihan menjadi racun bagi tubuh dan secara keseluruhan menimbulkan rasa lelah terus menerus.

4. Sering lapar terus menerus

Pada penderita tipe satu didapati gejala khas yakni sering lapar. Anda sudah harus waspada bila sudah makan besar namun masih berasa belum kenyang atau masih lapar.

5. Berat badan menurun dan juga massa otot

Gejala yang tampak dari luar adalah badan penderita diabetes melitus tipe satu ini akan mengalami penurunan berat badan. Hal ini berakibat lebih parah lagi pada badan yang kondisi terus melemah.

Demikian beberapa gejala di atas yang menyertai para penderita diabetes melitus tipe satu. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin tetap sehat dan tidak ingin terkena diabetes melitus tipe satu ini.