Kiat Mengontrol Gula Darah Tetap Normal Tanpa Obat

37 views

Kiat Mengontrol Gula Darah Tetap Normal Tanpa Obat sebenarnya sangat mudah jika terbiasa melakukan hidup sehat. Naiknya kadar gula dalam darah biasanya disebabkan oleh pola hidup yang buruk dan salah mengkonsumsi makanan. Penyakit gula darah atau yang biasa disebut dengan diabetes merupakan salah satu penyakit menahun yang sulit untuk disembuhkan. bagi para pria yang memang jarang terkena diabetes jika mengelami hal hal berikut harap waspada karena itu merupakan gejala diabetes melitus.

Maka dari itu, sebaiknya tetap menjaga kadar gula darah sejak dini agar tidak terserang diabetes dengan beberapa tips dibawah ini.

1. Biasakan Konsumsi Makanan Sehat

Selalu menjaga pola makan dan memerhatikan apa yang akan dimakan merupakan salah satu poin terpenting dalam upaya mencegah naiknya gula darah. Makanan yang sehat tidak perlu mahal, tapi bisa anda dapatkan melalui menu sederhana yang memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna. Asupan gizi yang seimbang bisa mencegah terjangkitnya penyakit diabetes, selengkapnya di daftar makanan pemicu diabetes. Dengan begitu, anda tetap mendapat asupan karbohidrat dan gula namun dalam porsi yang tidak berlebihan.

Tips Menjaga Gula Darah Tetap Normal

Selain itu, selalu upayakan untuk tidak memakan hidangan olahan. Sebisa mungkin anda mengkonsumsi makanan dalam bentuk aslinya. Makanan olahan tidak memiliki serat dan kandungan gizi yang sempurna karena telah rusak selama proses produksi. Sebaliknya, makanan berbentuk asli memiliki kandungan gizi dan serat yang lebih baik, sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah dan memperlancar sistem pencernaan.

2. Rajin Berolahraga

Sudah menjadi rahasia umum jika olahraga memiliki berbagai macam manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Namun banyak orang yang salah persepsi bahwa olahraga yang baik untuk tubuh adalah olahraga berat seperti gym, lari, dan sebagainya. Padahal berjalan kaki atau sekedar melakukan pemanasan di pagi hari pun memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. contoh pola hidup sehat bisa anda contoh di artikel kami sebelumnya.

Berolahraga merupakan salah satu tips mencegah gula darah naik turun yang paling dianjurkan. Karena selain mudah dan murah, ternyata dengan berolahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, atau yoga secara rutin dapat mengubah glukosa menjadi energi. Lakukan olahraga yang paling anda sukai agar tidak merasa terbebani. Anda dapat melakukan jalan santai, berenang, bersepeda, atau olahraga lain yang disukai.

3. Sebisa Mungkin Kendalikan Stres

Lepasnya hormon kortisol atau stres dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Hormon kortisol baru akan keluar jika seseorang benar-benar merasa stres berat. Hormon ini bisa menjadi pemicu naiknya gula darah atau membuat seseorang memiliki nafsu makan yang berlebihan, terlebuh memakan makanan yang manis. Oleh karena itu, sebisa mungkin kendalikan stres agar kondisi pikiran kembali rileks. Anda bisa refresh pikiran dengan berbagai macam cara.

4. Beristirahat Yang Cukup

Tips membuat gula darah tetap normal yang paling mudah adalah istirahat. Tidur merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi. Selain untuk mengembalikan energi yang terpakai selama beraktifitas, istirahat juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Kualitas tidur yang buruk bisa mengganggu sekresi insulin pada tubuh. Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar tujuh hingga delapan jam per hari sejak pukul 21.00 WIB atau 22.00 WIB.

Menjaga agar gula darah tetap normal yang terakhir yaitu menjaga porsi makan, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Terlebih jika makan berlebihan, seseorang mudah terkena penyakit dalam yang cukup berbahaya seperti diabetes, kolesterol, dan sebagainya. Ketika porsi makan terlalu banyak, maka asupan kalori, karbohidrat, dan zat gula menjadi tidak teratur. Selain beberapa poin diatas, hal ini juga bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes entah kering atau basah.

Tags: #mengontrol gula darah normal #menjaga gula darah normal