Pencegahan Diabetes Melitus pada Lansia

Pencegahan Diabetes Melitus pada Lansia – Diabetes melitus ini semakin meningkat jumlah penderitanya di seluruh dunia. Dan tercatat juga bahwa diabetes melitus ini masuk dalam daftar 10 besar penyakit mematikan di dunia. Dan kabar kurang baiknya adalah sebagian besar penderita gula darah ini adalah orang tua atau orang dengan usia lanjut usia (lansia). Usia lanjut yang dimaksud disini adalah orang dengan kategori usia di atas 40 tahun. resiko untuk terkena penyakit ini akan bertambah seiring dengan pertambahan usia. Mengapa bisa begitu? Karena dengan bertambahnya usia kita maka otomatis metabolisme tubuh kita akan melambat dan beberapa organ tubuh kita tidak berfungsi maksimal lagi sama seperti saat kita muda dahulu. Nah organ tubuh yang penting bagi penderita diabetes adalah kelenjar pankreas yang merupakan produsen hormon insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Seiring bertambahnya usia kita maka kelenjar ini akan mengalami penurunan fungsi. Dan hal ini akan semakin diperparah apabila kita tidak menjaga kesehatan tubuh kita dengan menerapkan pola hidup sehat. Bila kelenjar tersebut sudah tidak normal lagi maka risiko kita terkena kencing manis akan semakin berlipat. dalam membuat dan mencari obat diabetes yang aman di konsumsi tentu sulit karena masih belum ada ramuan bakunya, untuk itu, mencegah adalah hal yang sangat dianjurkan dokter sebelum anda terkena penyakit ini.

Lalu bagaimana cara mencegah diabetes melitus pada lansia? ini terjadi pada kita terutama yang sudah menginjak lanjut usia? Berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan.

1. Berhenti dari Kebiasaan Merokok

Merokok sangat berbahaya karena kandungan nikotin merupakan racun bagi tubuh yang sangat merusak. Ketika kita merokok maka kita memasukkan nikotin ini ke dalam tubuh kita. Dan racun ini mengalir melalui darah dan bisa merusak pankreas kita yang sangat penting dalam memproduksi insulin. Demi melindungi pankreas Anda sebaiknya kebiasaan buruk ini segera dihentikan.

2. Berhenti dari Kebiasaan Minum Minuman Beralkohol

Ini juga merupakan kebiasaan yang sangat merusak. Sering meminum alkohol diketahui merusak berbagai macam organ tubuh kita salah satunya pankreas kita. Hindari minum minuman keras demi memperkecil risiko terkena diabetes.

mencegah diabetes melitus pada lansia

3. Tetap Aktif dan Rutin Berolahraga

Jika Anda termasuk orang yang suka malas malasan dan apalagi tidak suka berolahraga mungkin saat ini Anda harus berpikir ulang jika ingin mencegah diabetes terjadi pada diri Anda. Tidak bergerak dan malas berolahraga akan menyebabkan timbunan lemak muncul pada tubuh Anda dan bisa berujung pada obesitas. Obesitas ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit gula darah dan kolesterol sampai dua kali lipat.

4. Kurangi konsumsi yang manis manis

Makanan dan minuman manis sudah dianjurkan untuk dikurangi jika kita menginjak usia lanjut. Karena metabolisme tubuh tidak sebagus saat usia muda maka bila konsumsi gula terus tinggi bisa berakibat pada diabetes melitus. perbanyak konsumsi sayuran hijau yang sudah terbukti mampu mengobati gula darah, contohnya disini.

5. Hindari makanan dengan indeks glikemik tinggi

Makanan dengan indeks glikemik tinggi artinya adalah makanan yang dengan cepat meningkatkan gula darah Anda. Makanan seperti ini contohnya adalah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan terigu serta olahannya seperti kue dan mi. Makanan seperti ini sudah harus dikurangi atau bahkan dihindari jika kita sudah berusia lanjut. makanan yang pantang di konsumsi dapat anda baca di halaman berikut ini secara lengkap dan jelas

Nah di atas sudah disajikan panduan dalam Pencegahan Diabetes Melitus pada Lansia. Tips di atas hendaknya dilakukan secara teratur apabila kita tidak mau tubuh kita menderita penyakit berbahaya ini.