Penyebab Diabetes Insipidus Menyerang Seseorang

Penyebab Diabetes Insipidus Menyerang Seseorang – Mungkin Anda baru pertama kalinya mendengar mengenai diabetes insipidus ini. Sebelumnya tentu Anda sering mendengar diabetes melitus bukan? Namun salah jika Anda mencampur adukkan keduanya karena kedua penyakit tersebut sejatinya berbeda sekali. Diabetes insipidus ini tentu saja berbeda dengan diabetes melitus, walau gejala gejala yang ditimbulkan hampir sama. Gejala gejala kencing manis tersebut diantaranya adalah sering haus sehingga ingin minum terus, lalu sering buang air kecil, dan gejala gejala lain seperti diabetes melitus ada tetapi pada beberapa kasus saja tidak semua kasus, selengkapnya lihat disini.

Penyebab Diabetes Insipidus Menyerang SeseorangDiabetes insipidus ini juga penyakit yang tidak pandang bulu. Bisa menyerang siapa saja baik itu usia muda atau sudah tua. Pria ataupun wanita. Namun menurut beberapa riset penyakit gula darah type ini memiliki kecenderungan lebih tinggi menyerang kaum wanita. Lalu apakah sebenarnya yang dimaksud dengan diabetes insipidus itu? Diabetes insipidus itu adalah suatu penyakit dimana si penderita mengalami buang air kecil terus menerus. Yang membedakan sekali antara diabetes melitus dan insipidus ini adalah kalau pada sakit gula ini dipicu oleh gula darah tinggi yang perlu dibuang melalui urin, namun pada diabetes tidak ada kaitannya dengan gula darah namun frekuensi buang air kecil tetap tinggi. Oleh karena itu pengidap penyakit ini tidak memiliki kandungan gula atau glukosa dalam urin mereka dan sering disebut dengan diabetes type dan cirinya dapat anda baca langsung di artikel sebelumnya.

Penyebab Utama Diabetes Insipidus

Apakah penyebab dari diabetes insipidus ini? Penyebab utamanya adalah penderita kekurangan hormon antidiuretik dalam tubuhnya. Gunanya hormon ini adalah merangsang ginjal untuk melakukan penyerapan air secara optimal dibanding pengeluaran air melalui ginjal. Bila kekurangan hormon ini sudah bisa ditebak apa yang akan terjadi yaitu kencing terus menerus. Hal ini tidak bisa berkurang walau sudah mengurangi minum sekalipun. Diabetes insipidus ini dibagi dua juga mirip dengan diabetes melitus. Pertama adalah diabetes insipidus sentral. Tipe pertama ini muncul akibat terganggunya produksi hormon antidiuretik di dalam tubuh. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor seperti kerusakan pada kelenjar hipofisis, gangguan pembuluh darah, serta gangguan pada bagian hipotalamus.

Diabetes insipidus tipe dua muncul karena gangguan pada organ ginjal itu sendiri. Ginjal mengalami keanehan dimana tidak mampu respon terhadap hormon vasopresin yang bersifat antidiuretik tadi sehingga tetap saja mengeluarkan urin dalam jumlah dan frekuensi banyak. Yang perlu diperhatikan juga adalah penanganan dan pengobatan diabetes insipidus ini tentu berbeda sekali dengan diabetes melitus. Karena diabetes insipidus ini tidak ada hubungannya dengan kadar gula darah sehingga metode yang digunakan berbeda dengan gula darah biasa dimana memiliki masalah berkaitan dengan kadar gula dalam darah. contoh metode pengobatannya ada di halaman ini.

Demikian informasi di atas mengenai Penyebab Diabetes Insipidus Menyerang Seseorang. Semoga dengan ini wawasan Anda bertambah dan tahu mengenai istilah penyakit diabetes insipidus, gejala gejalanya, serta apa penyebabnya, menjadikan kita lebih waspada dan lebih giat dalam menjaga kesehatan kita.