Waspada Ibu Hamil Saat Terkena Diabetes

Waspada Ibu Hamil Saat Terkena Diabetes – Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dalam jangka waktu yang lumayan lama yakni 20 tahun, telah terungkap bahwa seorang wanita hamil yang mengalami diabetes gestasional, akan lebih berisiko terkena panyakit jantung pada kemudian hari nantinya (lihat: Gejala Umum Sakit Gula Darah Yang Biasa Dialami Wanita). Memang diabetes gestasional hanya muncul saat wanita pada masa kehamilan saja, penyakit gula darah ini muncul pada saat wanita hamil karena pada saat mengandung sebab wanita lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat dan gula, sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi naik, akan tetapi penyakit diebetes gestasional ini tidaklah berbahaya, karena bisa hilang dengan sendirinya setelah ibu melahirkan.

Walaupun penyakit kencing manis pada masa kehamilan atau diabetes gestasional tidaklah berbahaya akan tetapi penyakit tersebut memiliki dampak lebih lanjut yaitu munculnya diabetes melitus tipe 2 muncul di kemudian hari. Hasil sebuah penelitian juga menunjukan bahwa seorang wanita yang mengalami diabetes gestasional akan lebih berisiko terkena penyakit jantung pada masa pertengahan. Bahkan sebelum dia menderita diabetes atau sidrom metabolik, sekelompok gejala dan kondisi dikenal dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Penlitian tersebut dilakukan pada 900 wanita usia 18 hingga 30 tahun. penelitian dilakukan di Amerika Serikat selama 20 tahun lamanya, diantara 900 orang wanita tersebut 13 % mengidap penyakit diabetes gestasional. Ketebalan pembuluh arteri mereka diperiksa rata-rata 12 tahun setelah mengalami masa kehamilan, yakni hal tersebut terjadi pada usia 38 hingga 50 tahun, dimana pemeriksaan tersebut membuktikan bahwa terjadi penebalan pembuluh arteri atau aterosklerosis yang merupakan gejala dan kondisi awal terkena penyakit jantung.

Hasil Penelitian ketika Ibu hamil dengan Diabetes

Hasilnya adalah wanita yang tidak mengalami penyakit gula darah atau sindrom metabolik selama kehamilan cenderung tidak mengalami penebalan pembuluh arteri dibanding dengan mereka yang mengalami diabetes gestasional selama masa kehamilan berlangsung. Hasil studi penelitian ini diumumkan pada Journal of American Heart Associations. Beberapa waktu lalu. Temuan ini menunjukan bahwa seseorang yang mengalami diabetes gestasional pada masa kehamilan, mereka akan mengalami penebalan pembuluh arteri atau arterosklerosis. Walaupun kencing manis tersebut tidak muncul lagi akan tetapi penebalan tersebut masih terjadi pada wanita, sehingga dari hasil penelitian tersebut terbukti bahwa seorang wanita hamil yang mengalami diabetes gestasional mereka mengalami gejala awal penyakit jantung yaitu penebalan pembuluh arteri atau arterosklerosis yang merupakan gajala awal penyakit jantung pada manusia. begitulah yang disampaikan oleh Erica Gunderson, dia adalah imuwan riset senior di Kaiser Permanente Northren California.

baca juga : Tips Mudah Mencegah Diabetes Melitus Keturunan

Penebalan pembuluh darah atau arterosklerosis hanya merupakan gejala awal penyakit jantung, akan tetapi jika penebalan pembuluh arteri tersebut tidak dilakukan perawatan secara lebih instensif, maka pada akhirnye penyakit jantung tersebut juga akan menyerang para wanita tersebut. namun apabila dilakukan perawatan atau pengobatan secara lebih dini dan terpadu, seperti pengobatan disertai dengan menerapkan gaya hidup sehat, maka penyakit jantung tersebut tidak akan mengancam para wanita yang saat kehamilan mengalami kenaikan kedar gula dalam darah atau penyakit diabetes gestasional.

Olahraga Dapat Menghindari dan Menurunkan Diabetes Seseorang

Itulah informasi mengenai sindrom gestasional pada saat kehamilan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, sebelum melakukan perawatan alangkah lebih baik apabila Anda berkonsultasi kepada dokter ataupun memerisakan kesehatan secara lebih mendalam, agar tanda-tanda awal penyakit jantung dapat diatasi secara lebih dini.

Demikian ulasan Waspada Ibu Hamil Saat Terkena Diabetes pada kesempatan kali ini. semoga bermanfaat. Dan selalu jaga kesehatan agar hidup lebih indah.